Friday, November 24, 2017

8 Macam Kecerdasan Manusia - Pada Dasarnya Manusia Adalah Makhluk Yang Cerdas

8 Macam Kecerdasan Manusia


Pada dasarnya setiap manusia adalah makhluk yang pintar atau makhluk yang cerdas. Namun jika yang anda maksud cerdas dalam artian selalu mengangkat tangan saat guru memberi pertanyaan, maka kamu salah besar. Kecerdasan tidak bisa diukur seperti demikian.



Dalam hakikatnya setiap manusia adalah makhluk yang cerdas, Namun jika kamu menilai seekor ikan dari kemampuannya memanjat pohon. Maka ia akan meyakini seumur hidupnya bahwa ia adalah orang yang bodoh. Begitulah kutipan dari Albert Einstein.


Setiap manusia Memiliki Kemampuannya Masing-Masing


Seperti yang dikatakan Albert Einstein, hal ini berarti bahwasanya setiap makhluk memiliki kemampuannya masing-masing. Bagaimana mungkin ikan dapat memanjat pohon, karena hal itu bukanlah keahlian ikan. Namun jika ikan tersebut berenang, maka akan terlihatlah kemampuan ikan yang sebenarnya.

Begitupun pada manusia, setiap manusia memiliki kemampuannya masing-masing, pada dasarnya setiap manusia adalah makhluk yang cerdas. Dan itulah tugas seorang manusia, cari apa kemampuannya dan kembangkan kemampuan tersebut.

Artikel kali ini akan membahas 8 macam kecerdasan yang dimiliki manusia menurut Howard Gardner, yakni sebagai berikut :


1. Kecerdasan Linguistik (Word Smart)


Kecerdasan Lingustik adalah kecerdasan yang dimiliki manusia dalam mengolah kata. Dalam hal ini juga kemampuan untuk menggunakan kata-kata secara efektik baik lisan maupun tulisan. Dan biasanya orang-orang yang memiliki kecerdasan linguistik memiliki kosakata bahasa yang luas.

Umumnya orang-orang yang memiliki kecerdasan linguistik gemar mengisi TTS, bermain scrable, membaca, dan bisa mengartikan bahasa tulisan dengan jelas. Orang yang memiliki kecerdasan mengolah kata ini pada umumnya pandai menghibur, meyakinkan orang lain dan berargumentasi dengan baik.

Orang dengan kecerdasan ini juga menyukai membaca, menulis, berdiskusi. Orang dengan kecerdasan ini mengungkapkan keinginannya dengan cara yang tepat dan jelas dan singkat. Orang dengan kecerdasan ini baik pada pekerjaan yang melibatkan komunikasi pada orang banyak.

Ciri-ciri orang yang memiliki kecerdasan Linguistik :
Senang bermain dengan kata-kata, menikmati membaca, diskusi dan menulis, suka membumbui percakapan dengan hal-hal menarik yang baru saja Ia baca atau dengar, suka mengerjakan teka-teki silang,bermain scrable atau bermain puzzle. Dapat mengeja dengan sangat baik, senang bermain dengan kata-kata. Jika Seseorang memiliki kecerdasan ini, maka pekerjaan yang cocok untuk Ia adalah jurnalis, penyair, atau pengacara.


2. Kecerdasan Matematis atau Logika (Number Smart)


Kecerdasan logika matematik ialah kemampuan seseorang dalam memecahkan masalah. Ia mampu memikirkan dan menyusun solusi dengan urutan yang logis atau masuk akal. Tipe kecerdasan ini adalah orang yang memiliki kecerdasan dalam hal angka dan logika. 

Orang dengan kecerdasan ini selalu berfikir rasional dan mampu memikirkan kemungkinan- kemungkinan yang akan terjadi secara logika. Mereka juga mampu memahami argumen lawan bicara secara logis dan memecahkan masalah dengan matematis menggunakan kecerdasan logika. Dalam penelitian, kecerdasan ini digunakan untuk hipotesa sebelum dilakukan uji.

Kecerdasan ini berhubungan dengan kemampuan berhitung, mengkuantifikasi sesuatu hal, membuat hipotesis, dan membuktikannya lewat nalar ilmiah. Kecerdasan inilah yang sering kita lihat sehari-hari disekolah atau kampus.



Ciri-ciri orang yang memiliki kecerdasan Matematis :
: senang bekerja dengan angka dan dapat melakukan perhitungan mental (mencongak), senang menyiapkan jadwal perjalanan secara terperinci, senang dengan permainan, puzzle atau sesuatu yang membutuhkan kemampuan berpikir logis dan statistis seperti permainan cheker atau catur. Pekerjaan yang cocok jika memiliki kecerdasan ini adalah ilmuwan, akuntan, atau progammer.

Advertise


3. Kecerdasan Spasial (Picture Smart)


Kecerdasan visual dan spasial adalah kemampuan untuk melihat dan mengamati dunia visual dan spasial secara akurat (cermat). Mereka yang termasuk ke dalam tipe ini memiliki kepekaan tajam untuk visual, keseimbangan, warna, garis, bentuk, dan ruang. Selain itu, mereka juga pandai membuat sketsa ide dengan jelas.

Kecerdasan ini membuat kita sanggup memperhitungkan jarak, volume, bentuk, detil, pola, warna dan ciri-ciri fisik dari sebuah objek. Makin cerdas kemampuan spasial seseorang, maka semakin akurat kemampuannya dalam menyusun sebuah bentuk. Misalnya dalam pembuatan peta, maket bangunan dan sebagainya.

Orang yang mempunyai kecerdasan ini, memiliki tingkat kecerdasan yang mengacu pada gambar, ruang, bentuk, dan tentang gambaran perasaan. Orang dengan kemampuan ini dapat merekam apa yang dilihatnya dan mengingat dengan jelas gambaran aslinya, mereka juga mampu menggambarkan secara nyata visual yang ada di gambaran mereka. Orang dengan kecerdasan ini memiliki kemampuan melukis, potografi, arsitek, design, dan lainnya. Orang dengan kecerdasan ini memiliki tingkartseni yang tinggi.


Ciri-ciri orang yang memiliki kecerdasan Spasial:
menyukai seni, menikmati lukisan dan patung. Memilki cita rasa yang baik akan warna, cenderung menyukai pencatatan secara visual dengan menggunakan kamera atau handycam. Pekerjaan yang cocok untuk tipe kecerdasan ini adalah arsitek, fotografer, desainer, pilot, atau insinyur.


4.  Kecerdasan Kinestetik-Jasmani (Body Smart)


Kecerdasan kinestetik ialah kemampuan dalam menggunakan tubuh kita secara terampil untuk mengungkapkan ide, pemikiran dan perasaan. Orang tipe ini mampu mengekspresikan gagasan dan perasaan. Mereka menyukai olahraga dan berbagai kegiatan yang mengandalkan fisik.

Kecerdasan kinestetik-jasmani membuat kita mampu menyelaraskan pikiran dan tubuh. Semakin cerdas kinestetik-jasmani seseorang, tubuhnya semakin mudah digerakan sesuai dengan pikirannya. Para atlet bela diri biasanya memiliki kecerdasan ini, ketika mereka menyusun strategi dalam sepersekian detik untuk menjatuhkan lawannya.

Kecerdasan ini mencakup kemampuan atau kecerdasan dalam bergerak dan aktivitas yang melibatkan gerakan tubuh, misalnya menari. Orang dengan kecerdasan ini memiliki kemampuan untuk mengendalikan tubuhnya dengan sangat baik. Gerakan- gerakan yang dibuatnya juga terkoordinasi dengan baik dari pikirannya, mereka juga lincah dan memiliki kekuatan dalam setiap geraknya. Orang dengan kecerdasan ini juga memiliki kelenturan tubuh yang baik.

Ciri-ciri orang yang memiliki kecerdasan Kinestetik-Jasmani :
Gemar berolahraga atau melakukan kegiatan fisik, cakap dalam melakukan sesuatu seorang diri, senang memikirkan persoalan sambil aktif dalam kegiatan fisik seperti berjalan atau lari. Pekerjaan yang cocok untuk orang tipe ini  adalah atlet, pengrajin, montir, dan penjahit.


5. Kecerdasan Musikal (Music Smart) 


Kecerdasan musik adalah kemampuan untuk menikmati, mengamati, membedakan, mengarang, membentuk dan mengekspresikan bentuk-bentuk musik. Kecerdasan ini meliputi kepekaan terhadap ritme, melodi dan timbre dari musik yang didengar.

Kecerdasan musikal akan membuat kita memahami tinggi-rendahnya nada, ritme, dan puncak nada ketika mencerna suatu suara. Contoh sederhana semisal teman kamu yang langsung mengetahui kunci nada hanya dalam sekali kesempatan mendengar lagu tertentu.

Orang yang memiliki kecerdasan ini memiliki kemampuan yang baik dalam bermain musik, bernyanyi, memahami nada, dan menciptakan irama musik. Orang dengan kecerdasan ini memiliki suara yang merdu dan sangat baik. Mereka juga sensitif dengan nada nada musik dan sangat efektif apabila bekerja ditemani lantunan musik. Mereka berfikir melalui melodi dan irama.

Ciri-ciri orang yang memiliki kecerdasan Musikal : yaitu suka bersiul, mudah menghafal nada lagu yang baru didengar, menguasai salah satu alat musik tertentu, peka terhadap suara sumbang, dan gemar bekerja sambil bernyanyi. Pekerjaan yang cocok untuk Seorang yang memunyai kecerdasan ini adalah penyanyi atau pencipta lagu.


6. Kecerdasan Interpersonal (People Smart) 


Kecerdasan interpersonal ialah kemampuan untuk mengamati dan mengerti maksud, motivasi dan perasaan orang lain. Orang tipe ini biasanya mengerti dan peka terhadap perasaan, intensi, motivasi, watak, dan temperamen orang lain. 

Manusia memang makhluk yang berbeda. Perlu kemampuan khusus untuk mendeteksi kebutuhannya. Selain itu, mereka juga dibekali dengan kemampuan simpati dan empati. Kemampuan untuk merasakan perasaan orang lain dan motif mereka, termasuk dalam kecerdasan interpersonal.

Orang dengan kecerdasan ini sangat peka dan mampu mengendalikan emosi pada diri sendiri. Orang dengan kecerdasan ini sangat memahami dirinya sendiri, memahami keinginannya dan mengendalikan seluruh perasaan pada dirinya sendiri. Orang dengan kecerdasan ini memiliki kemampuan khusus yang disebut kemampuan stationer. Kemampuan stationer adalah kemampuan untuk menjadi seseorang yang tetap netral dan sulit dipengaruhi oleh emosi, masalah, keinginan yang berasal dari luar.

Ciri-ciri orang yang memiliki kecerdasan Interpersonal: senang bekerja sama dengan orang lain dalam suatu kelompok atau komite, lebih suka belajar kelompok dari pada belajar sendiri. Pekerjaan yang cocok untuk orang tipe ini antara lain networker, negosiator, atau guru.


7. Kecerdasan Intrapersonal (Self Smart)


Kecerdasan intrapersonal adalah kemampuan yang berhubungan dengan kesadaran dan pengetahuan tentang diri sendiri. Dapat memahami kekuatan dan kelemahan diri sendiri. Mampu memotivasi dirinya sendiri dan melakukan disiplin diri. Orang tipe ini memiliki kecerdasan pengetahuan akan diri sendiri dan mampu bertindak secara adaptif berdasarkan pengenalan diri.

Ada manusia yang sanggup mengidentifikasi dirinya sendiri. Ia mampu merasakan apa yang sesungguhnya ia inginkan dan butuhkan. Ciri-ciri itu adalah tanda bahwa orang tersebut memiliki kecerdasan intra-personal yang sangat berkembang

Kecerdasan ini merupakan kecerdasan dimana orang pintar dalam memahami orang lain dan sensitif terhadap sekitarnya. Orang dengan kecerdasan ini mampu memahami perasaan orang lain dengan mudah. Orang dengan kecerdasan ini juga memiliki kemampuan dalam memimpin, berempati, dan mengatur orang lain. Orang dengan kecerdasan ini mampu mempelajari apapun dari orang lain dan mencontoh hal baik untuk dia lakukan.

Ciri-ciri orang yang memiliki kecerdasan Intrapersonal:
sering menyendiri untuk memikirkan dan memecahkan masalah itu sendiri, memunyai hobi atau kesenangan yang bersifat pribadi yang tidak banyak anda bagikan atau ungkapkan kepada orang lain. Pekerjaan yang cocok untuk Orang dengan tipe ini yaitu konselor atau teolog.


8. Kecerdasan Naturalis (Nature Smart)


Kecerdasan naturalis adalah kemampuan untuk mengenali, membedakan, mengungkapkan dan membuat kategori terhadap apa yang di jumpai di alam maupun lingkungan. Orang yang memiliki kecerdasan ini mampu memahami dan menikmati alam dan menggunakannya secara produktif serta mengembangkan pengetahuannya mengenai alam.

Kecerdasan ini membuat kita pandai merasakan pertanda alam. Selain itu dengan kemampuan ini, manusia juga bisa mengerti kebutuhan dari makhluk hidup lainnya. Contohnya adalah memahami kebutuhan tanaman akan kandungan unsur hara dari ciri-ciri daun atau sebagainya.

Orang dengan kecerdasan natural ini memiliki kepekaan terhadap alam dan mencintai alam. Mereka baik dalam berhubungan dengan alam atau lingkungan dan senang memelihara hewan atau merawat tanaman. Orang dengan kecerdasan ini baik dalam bidang biologi.

Ciri-ciri orang yang memiliki kecerdasan Naturalis:
yaitu mencintai lingkungan, mampu mengenali sifat dan tingkah laku binatang, dan senang melakukan kegiatan di luar atau alam. Kecerdasan ini biasanya dimiliki oleh petani, nelayan, pendaki, dan pemburu.


Itulah tadi 8 macam kecerdasan yang dimiliki manusia, kamu lebih menonjol kemana?

Rincian Sumber : 
https://life.idntimes.com/inspiration/fajarnurmanto/9-tipe-kecerdasan-yang-dimiliki-semua-manusia-kamu-yang-mana/full
http://jeckprodeswijaya.blogspot.co.id/2014/03/8-macam-kecerdasan-manusia-menurut.html#_
https://dosenpsikologi.com/macam-macam-kecerdasan
http://mazin-idiotclub.blogspot.com/2013/10/8-tipe-kecerdasan-manusia.html
http://brainvit.com/lebih-pintar-mana-habibie-atau-rudy-hartono.html
http://jendelasuara.blogspot.com/2013/04/8-tipe-kecerdasan-menurut-Howard-Gardner.html?m=1
http://ultrasonik20.blogspot.com/2011/04/8-jenis-kecerdasan-manusia menurut.html?=1
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

OFFICIAL WEBSITE TUH