Thursday, November 30, 2017

Alasan Kenapa Nyamuk Suka Terbang Berdengung Dekat Telinga

Umumnya setiap manusia pasti pernah merasakan hal ini, dimana nyamuk terbang berdengung disekitar telinga kita. Hal ini membuat kita menjadi risih. entah apa alasannya, nyamuk tersebut suka terbang disekitar telinga manusia.


Mengeluarkan suara berdengung disekitar telinga hingga membuat kita menjadi risih dan kesal. Diusir pun nyamuk tersebut masih tetap kembali terbang disekitar telinga kita. Walaupun nyamuk tersebut tidak menggigit namun tetap saja kita masih merasa terganggu.


Menurut Dr. Cameroon Webb, yang merupakan ahli kedokteran entomologi dari universitas Sidney, nyamuk jenis ini merupakan nyamuk rumahan yang biasanya berkembang biak di sekitar area selokan dan genangan air di sekitar rumah. Nyamuk tersebut berwarna Coklat.

Diketahui suara dengung yang kita dengar tersebut adalah suara kepakan sayap dari nyamuk tersebut. Kita bisa mendengar suara kepakan sayapnya jika jaraknya kurang dari 30 cm. Berarti ketika mendengar kepakan sayapnya, nyamuk benar-benar dekat dengan telinga kita. Lantas apa yang dilakukan nyamuk di area tersebut?


Advertisement


1. Tertarik Gas Karbon Dioksida


Inilah salah satu alasannya kenapa nyamuk tersebut suka terbang berdengung dekat telinga kita. Dr Cameroon menjelaskan bahwa nyamuk cenderung berputar di sekitar kepala karena mereka tertarik dengan pola pernafasan kita, bukan karena ingin menggigit. "nyamuk aktif di sekitar kepala karena disitulah karbondioksida dikeluarkan”, kata Dr Cameroon.

Seperti dilansir merdeka.com, juga menurut Rick Pollack, ahli serangga dari Amerika Serikat, nyamuk suka beterbangan di sekitar kepala karena tertarik pada gas karbondioksida yang dihembuskan manusia. Dan, yang bekerja dalam hal ini adalah nyamuk betina. Sementara apabila si nyamuk jantan yang ikut terbang di sekitar kepala, itu artinya nyamuk tersebut sedang menandai tempat untuk kawin.


Baca Juga: Bondan Winarno Died - Indonesian Culinary Legend

2. Hawa panas tubuh




Telinga merupakan bagian tubuh yang memiliki suhu hampir mendekati suhu tubuh inti. Artinya, suhu di sekitar telinga adalah area yang paling konstan dan lebih tinggi dari bagian tubuh lainnya.



Sementara itu, nyamuk salah satu jenis serangga yang mampu mendeteksi hawa panas. Itu sebabnya nyamuk paling suka beterbangan di area kepala terutama telinga karena suhu panasnya yang tinggi.


3. Kelembapan


Sifat alami nyamuk yakni menyukai aroma tubuh manusia. Mereka juga tertarik dengan keringat yang keluar dari kelenjar keringat di sekitar kepala. Maka, ada kemungkinan nyamuk terbang untuk mendekati area kepala bukan telinga. Hal ini disebabkan karena adanya kelenjar keringat yang tertahan oleh rambut. Maka tak perlu heran jika Anda yang seharian menghabiskan waktu di luar rumah tanpa membilas rambut terlebih dulu sering kali dikerumuni nyamuk di bagian kepala.


Jadi cara biasa seperti menggunakan losion atau obat nyamuk lainnya tidak efektif untuk mengusir nyamuk jenis ini. Dibutuhkan alat untuk menghilangkan karbondioksida di sekitar wajah kita. Dengan begitu nyamuk tidak akan mendekat.

Salah satu caranya bisa menggunakan kipas angin. Kipas angin akan membantu melancarkan aliran udara. Kipas angin juga membuat nyamuk sulit terbang karena adanya hembusan angin yang kuat.

Cara lain yang lebih ampuh adalah dengan menggunakan kelambu. Kelambu akan mencegah nyamuk mendekati kita. Selain itu, cara ini akan mengurangi penggunaan bahan kimia pengusir nyamuk yang juga tak baik bagi kesehatan kita.

Baca Juga:

Sumber : (Ali Fatur Rohmah/Sumber: CNN Indonesia) > http://nationalgeographic.co.id/berita/2016/06/mengapa-nyamuk-bedengung-di-sekitar-telinga-kita
https://feed.merdeka.com/trend/ternyata-ini-penyebab-nyamuk-suka-terbang-dekat-telinga-1510296.html

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

OFFICIAL WEBSITE TUH