Tuesday, November 28, 2017

Cara Menghafal Dengan Cepat Dan Tidak Mudah Lupa 100% Ampuh

Menghafal adalah suatu kegiatan baik itu membaca ataupun melihat hingga hal yang dibaca atau dilihat tersebut terekam dalam otak manusia. Dalam contoh kasusnya adalah menghafalkan pelajaran sekolah, pelajaran tersebut dihafalkan dengan cara dibaca hingga ingat dalam otak manusia.




Salah satu ketakutan yang dihadapi setiap siswa adalah menjelang ulangan, terlebih lagi jika ulangan tersebut diadakan secara mendadak. Dari zaman ke zaman, ulangan menjadi momok setiap siswa untuk menghafalkan pelajaran sekolah yang telah ia pelajari disekolah.


Read : How To Memorize Quickly And Not Easily Forgot 100% Powerful

Terkait dengan itu pada pembahasan kali ini akan dibahas mengenai cara/Teknik menghafal dengan cepat dan tidak mudah lupa, dilansir dari berbagai sumber :

Cara/Teknik menghafal dengan cepat dan tidak mudah lupa


1. Cari Tempat Senyaman Mungkin

Saat menghafalkan sebuah pelajaran, maka kamu harus dianjurkan untuk berada ditempat yang nyaman dan bisa membuat kamu rileks. Hal ini dimaksudkan agar kamu merasa santai saat mulai menghafal pelajaran tersebut.

Jadi sebelum kamu mulai menghafalkan sebuah pelajaran, aturlah tempat mu senyaman mungkin. Rapikan dan bersihkan tempat yang sekiranya berantakan dan kotor. Efek yang ditimbulkan saat kamu menghafal ditempat yang bersih dan rapi adalah dapat membuat kamu lebih mudah mengingat hingga hal itu tidak akan lupa.


2. Mnemonic, Teknik Memudahkan Ingatan

Konsep mnemonic menerjemahkan informasi ke dalam bentuk alternatif yang bisa memundahkan kita dalam mengingat pelajaran. Mnemonic menjadi teknik untuk memudahkan mengingat sesuatu. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, mnemonic berarti rumusan atau ungkapan untuk membantu mengingat-ingat sesuatu. Mnemonic adalah kemampuan otak untuk menghubungkan kata-kata, ide, dan khayalan. Misalnya siswa harus mengingat 10 kata kunci berikut: Rusia, Amerika, Gajah, Pelawak, Api, Taj Mahal, Mesir, Hitam, Matahari, Laut. Kata-kata itu kemudian dikaitkan dengan teknik mnemonic.


3. Rhyming

Menempatkan informasi ke dalam sajak adalah cara lain untuk membuat lebih mudah untuk diingat. Contohnya adalah sajak yang membantu orang ingat berapa hari ada di setiap bulan:

30 hari dalam bulan September, April, Juni, dan November.
Semua sisanya 31hari.
Kecuali Februari memiliki 28.

Namun dalam Leap Year memiliki 29.


4. Satukan gambar dan teks

Salah satu cara mudah untuk mengingat pelajaran adalah dengan menggabungkan gambar dengan tulisan. Hal ini membuatkita lebih mudah untuk mengingat informasi, karena semua yang kita lihat dalam bentuk visual, kita akan mudah dalam mengingat informasi. Misalnya, ketika menghafal nama pahlawan atau nama presiden negara lain, kita bisa sering-sering mencari nama di google images dan menghafal wajahnya.


5. Rekam informasi yang ingin kamu ingat

Ketika masih sekolah, CG! sering banget baca kembali catatan pelajaran yang baru dipelajari dan merekamnya melalui handphone. Ketika memiliki waktu luang, CG! mendengarkan kembali rekaman tersebut. Hihi...agak narsis sih, tapi cara ini lumayan berhasil bikin kita ingat dengan pelajaran lho.


6. Buatlah sebuah cerita

Untuk membantu otak menyerap potongan besar dari informasi, trik lain yang bisa dicoba untuk memecah informasi adalah dengan membuat cerita yang menghubungkan setiap potongan informasi. Kita bisa bermain dengan imajinasi untuk tingkat yang lebih besar karena cerita tersebut dapat membuat kita nggak harus membatasi pikiran. Misalnya, jika kita perlu untuk menghafal rumus kimia yang rumit, kita bisa mengubah nama molekul dengan nama manusia yang diawali dengan huruf yang sama (Carol = Klorin, misalnya) dan membuat sebuah cerita kecil di mana rumus tersebut menjadi sebuah karakter molekul dalam formulayang memiliki sifat-sifat sama dengan manusia. Ini bisa menjadi metode yang sangat efektifuntuk sebuah pembelajaran dengan informasi yang rumit. Misalnya, Glukosa dia itu tipenya manis, periang dan bisa menjadi teman baik bagi semua makhluk hidup.


7. Hafalkan 1 pelajaran dulu

Mungkin niatnya, kamu mau hafal semua pelajaran dalam satu waktu bersamaan. Tapi, cara ini justru salah dong girls. Otak kita juga butuh cara buat bisa menghafal dengan baik satu persatu informasi dari pelajaran yang ingin kita ingat. Setelah sudah mantap, barulah beralih kepelajaran berikutnya. 


8. Menghafal sambil olahraga

Ktika menghafal, cobalah sambil berjalan bolak balik, lompat, push-up dan olahraga ringan lainnya. Selain bisa mengingat pelajaran, kita juga bisa sehat jasmani.


9. Perhatikan makanan

Makanan yang kita makan juga sangat mempengaruhi kinerja otak, itulah banyak yang bilang kalau kita kebanyakan makan makanan mengandung MSG, kita bisa sulit konsentrasi. Jadi cobalah makan makanan begizi seperti susu, telur, ikan, kerang, kacang, millet, jagung, lily, lada, bayam, jeruk, teh, nanas, wortel, alpukat, kubis, jamur, aprikot, anggur, dan blueberry.


10. Perhatikan Pola Tidur

Salah  satu hal terbaik yang dapat kita lakukan untuk membantu mengingat hal-hal adalah tidur malam yang baik - bukan hanya malam sebelum ujian, tapi setiap malam. Waktu tidur yang tepat akan membantu kita memiliki performa yang baik, mempertahankan kelincahan mental dan menangkal stres dan kelelahan. Jadi, percuma banget deh tuh kalau sudah menghafal dengan baik tapi kita kelelahan dan kurang tidur, bisa-bisa kita ketiduran pas ngerjain ujian.


Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Menghafal ??


Beberapa orang pasti pernah terpikirkan dengan hal ini, kapan sih waktu yang tepat atau waktu yang baik untuk menghafal. Yang terpenting adalah waktu tersebut seseorang tidak terbebani oleh pikiran yang lain dan hanya fokus ke pelajaran yang dihafalnya.

Lalu kapankah waktu tersebut? Waktu yang paling tepat untuk menghafal adalah saat subuh tiba, ataupun sepertiga malam. Kenapa? karena diwaktu tersebut keheningan didapat dan tingkat fokus saat menghafal akan lebih baik. Hal ini juga dimaksudkan karena pada saat tersebut, atau pada saat itu pikiran seseorang masih pada tahap yang fresh.

Pada waktu tersebut tak ada masalah yang dipikirkan, hingga tingkat menghafalkan tersebut akan lebih cepat. Jika seorang muslim maka seusai sholat tahajud maupun setelah sholat subuh adalah waktu yang sangat tepat.



Bagaimana Agar Hafalan Tidak Mudah Lupa?


Trik yang paling mudah agar hafalan tidak mudah lupa adalah dengan cara saat menghafal lakukan secara berulang-ulang. Atau dengan cara cepatnya ialah dengan cara membuat rekaman saat sedang menghafal.

Gunakan Hp atau alat perekam lainnya saat kamu sedang menghafal, hingga pada akhir setelah menghafal, dengarkan hafalan yang terekam tersebut saat waktu luang atau saat hafalan tersebut sudah mulai memudar di ingatan.

Teknik ini sangat mudah untuk dilakukan agar apa yang telah dihafalkan tidak cepat lupa di ingatan.



Itulah tadi teknik-teknik agar cepat dalam menghafal dan tips agar hafalan tidak mudah lupa ditambah dengan waktu yang tepat untuk menghafal.

Referensi : http://www.cosmogirl.co.id/artikel/read/7883/10-Cara-Ampuh-Menghafalkan-Pelajaran-di-Sekolah
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

OFFICIAL WEBSITE TUH