Tuesday, May 15, 2018

Bacaan Niat Sahur Dan Berbuka Puasa Ramadhan

Bulan Ramadhan 2018 akan segera tiba, maka dari itu orang-orang yang beragama islam atau muslim sangat senang dengan kedatangan bulan puasa itu. Banyak alasan umat islam menyukai bulan ramadhan, hal yang pasti salah satunya adalah dimana dibulan tersebut merupakan bulan yang penuh berkah, bulan yang penuh dengan rahmat.

bacaan niat sahur atau niat untuk berpuasa ramadhan dan juga bacaan berbuka puasa setelah adzan magrib berkumandang.  Niat sahur dan berbuka puasa yang benar.

Dibulan ramadhan tersebut, diwajibkan bagi setiap muslim untuk menjalankan ibadah Puasa Ramadhan selama sebulan penuh. Puasa yang maksimal tentu harus diawali dengan niat yang benar juga.

Niat merupakan hal awal yang jadi penentu bagi apa yang kita kerjakan. Seperti sabda Rasulullah, Sesungguhnya semua amal itu (sah atau tidaknya) tergantung pada niat melakukannya dan setiap orang hanya akan mendapat sesuai apa yang ia niatkan.

Dari sinilah betapa pentingnya niat dalam menjalankan ibadah terutama saat melakukan ibadah wajib seperti Puasa Ramadhan. Niat berpuasa Ramadhan merupakan salah satu rukun puasa.

Sahur sebaiknya dilakukan sebelum terbitnya fajar atau sebelum memasuki waktu Sholat Subuh. Bacaan Niat Sahur Puasa Ramadhan sebaiknya dibaca setelah menjalankan sholat sunah tarawih dan witir, atau bila lupa maka bisa dilakukan setelah menyantap sahur sebelum masuk imsak.


  • Adapun Bacaan Niat Sahur Puasa Ramadhan adalah sebagai berikut :

Nawaitu shouma ghodin ‘an adaa-i fardhi syahri romadhoona haadzihis sanati lillaahi ta ‘aala.
Artinya, “Aku berniat puasa esok hari menunaikan kewajiban Ramadhan tahun ini karena Allah Taala.”

Setelah mengucapkan niat sahur puasa ramadhan, barulah menjalankan ibadah wajib puasa dengan diisi berbagai ibadah wajib maupun sunah dan aktivitas positif lainnya sampai azan Maghrib yang menandakan waktu untuk berbuka puasa. Waktu membaca Doa Buka Puasa Ramadhan adalah setelah azan Maghrib dan sebelum makan/minum untuk membatalkan Puasa.


  • Adapun Bacaan Berbuka Puasa Ramadhan adalah sebagai berikut :

Allahumma laka shumtu wa ‘ala rizqika afthortu
Artinya: Ya Allah, kepada-Mu aku berpuasa dan kepada-Mu aku berbuka

Itulah tadi bacaan niat sahur dan berbuka puasa. Dengan niat yang benar, maka semua hal yang akan dikerjakan akan berjalan dengan lancar. Dibulan ramadhan ini, kuatkanlah iman dan taqwa demi lancarnya kegiatan berpuasa kita.

Dengan niat yang benar, insyaAlloh puasa kita juga maksimal. Semoga kita semua dapat menjalankan ibadah Puasa Ramadhan sebulan penuh dengan niat ikhlas dan mendapat limpahan ridha Allah.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

OFFICIAL WEBSITE TUH