Tuesday, May 1, 2018

Hal-hal Yang Dapat Membatalkan Puasa Seseorang

Puasa adalah suatu kegiatan keagamaan yang dilakukan orang islam di bulan suci Ramadhan dengan cara menahan nafsu, lapar dan dahaga dari munculnya matahari hingga terbenamnya matahari. Sebenarnya, puasa tidak hanya ada di agama islam saja namun dibeberapa agama juga ada yang namanya puasa, hal yang mungkin berbeda ialah tata caranya. Namun, kali ini yang akan kita bahas ialah Puasa Umat Islam yakni puasa di bulan Ramadhan.

Puasa Ramadhan 2018 akan segera tiba, dan untuk itu orang-orang beragama islam telah siap menyambut bulan yang penuh berkah tersebut. Banyak keuataman-keutamaan di bulan ramadhan sehingga bulan itu disebut dengan bulan penuh berkah. Orang-orang akan sibuk untuk mencari amal kebaikan di bulan tersebut.

Dalam tata cara puasa ramadhan, ada saja hal-hal yang dapat membatalkan puasa, baik itu yang sudah diketahui maupun yang belum diketahui. Hal yang pasti adalah tidak boleh minum dan makan sebelum adzan magrib berkumandang.


Apa saja hal-hal yang dapat membatalkan puasa seseorang? berikut ini adalah larangan saat sedang berpuasa dan agar puasa seseorang tidak batal. Apakah Muntah membatalkan puasa? apakah onani/masturbasi membatalkan puasa?


Lalu apa saja hal-hal lain yang dapat membatalkan puasa seseorang? Berikut ini adalah  hal-hal yang dapat membatalkan puasa dan membatalkan pahala puasa ramadhan :

1. Makan dan minum, atau memasukkan sesuatu ke dalam lubang tubuh dengan sengaja.

Hal ini pastilah akan membuat batal puasa seseorang, seperti yang dikatakan dalam Q.S. Al-Baqarah: 187, “.. .makan dan minumlah hingga waktu fajar tiba (yang) dapat membedakan antara benang putih dan hitam…”.

Namun hal ini dapat tidak berlaku, jika memang seseorang tersebut melakukannya dengan tidak sengaja, atau bisa dikatakan lupa kalau ia sedang berpuasa dan tidak sengaja makan ataupun minum.


2. Melakukan hubungan badan secara sengaja

Melakukan hubungan seksual adalah hal yang dapat membatalkan seorang suami maupun istri, yang tergolong kedalam hal ini adalah masuknya alat kelamin laki-laki kedalam alat kelamin wanita dalam keadaan sadar dan sengaja.


3. Melakukan pengobatan pada kemaluan atau dubur, yang memungkinkan masuknya sesuatu dari salah satu lubang tersebut.


4. Muntah dengan sengaja

Apakah muntah dapat membatalkan puasa? Belum tentu, karena itu muntah dapat dibedakan menjadi dua yakni dilakukan dengan sengaja dan dilakukan dengan tidak sengaja. Hal yang dapat membuat muntah tidak sengaja ialah sedang sakit dan sebagainya.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah, Rasulullah saw. bersabda, “Barang siapa yang tidak sengaja muntah, ia tidak diwajibkan mengganti puasanya, dan barang siapa yang sengaja muntah maka ia wajib mengganti puasa”.


5. Keluarnya air mani karena adanya sentuhan.

Dalam hal ini, baik yang melakukan masturbasi/Onani hingga keluar atau menggunakan tangan/bagian tubuh istri, sama-sama batal berpuasa. Sementara, jika seseorang mimpi basah, maka tidak dikategorikan batal puasa.


6. Haid bagi wanita.

Diriwayatkan oleh Aisyah, haid membatalkan puasa, dan wanita yang masih mampu, wajib menggantinya. “Kami (kaum perempuan) diperintahkan mengganti puasa yang ditinggalkan, tetapi tidak diperintahkan untuk mengganti shalat yang ditinggalkan”. (H.R. Muslim).


7. Nifas atau darah yang keluar dari kemaluan perempuan setelah melahirkan. Jika ia berpuasa dan mengeluarkan nifas, berarti puasanya tidak sah.


8. Gila atau hilang kewarasan. Seseorang wajib berpuasa jika sudah cukup umur dan waras. Ketika ia menjadi gila, otomatis kewajiban berpuasa tersebut.


9. Murtad atau keluar dari agama Islam. Puasa Ramadhan adalah kewajiban umat Islam, sehingga ketika ia mengingkari Allah sebagai Tuhan Yang Maha Satu, atau tidak lagi menganut Islam, kewajban itu terhapus dan puasanya tidak sah.

BACA : Bacaan Niat Sahur dan Berbuka Puasa


Referensi :
https://www.1001inspirasiramadhan.com/article/ibadah/apa-saja-hal-hal-yang-bisa-membatalkan-puasa
http://sidomi.com/390035/9-hal-yang-membatalkan-puasa-ramadhan/
http://www.nu.or.id/post/read/45698/hal-hal-yang-membatalkan-puasa

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

OFFICIAL WEBSITE TUH