Sunday, May 6, 2018

Hukum Puasa Tetapi Tidak Sahur Dan Lupa Membaca Niat Sahur

Puasa dibulan Ramadhan adalah suatu kewajiban yang harus dikerjakan oleh umat islam di dunia. Di bulan tersebut umat muslim akan menahan lapar dan haus, menahan nafsu dan emosi dari terbitnya matahari hingga terbenamnya matahari.

Bulan Ramadhan sendiri merupakan bulan yang penuh berkah bagi umat islam, banyak keutamaan keutamaan di bulan tersebut. Tak lupa juga bahwasanya, terdapat suatu malam yang disebut malam Lailatul Qadr. Dimana pada malam itu, lebih baik dari seribu bulan.


Puasa tanpa sahur apakah sah puasanya? Berikut ini penjelasan tentang pertanyaan tersebut, yakni tentang hukum seseorang yang berpuasa tetapi tidak makan sahur. Lalu bagaimana hukum puasa seseorang tetap tidak berniat atau lupa membaca niat sahur.

Namun ada sebuah pertanyaan dalam benak orang-orang yang menjalani puasa, yakni pertanyaan itu sebagai berikut:

1. Apa Hukum Puasa Bagi Orang Yang Tidak Sahur (Tanpa Sahur) ?
2. Apa Hukum Puasa Bagi Orang Yang Tidak Berniat Pada Malam Harinya ?

Berikut ini adalah penjelasannya :

Terlebih dahulu kita akan menjawab pertanyaan pertama, yakni Puasa tanpa sahur apakah sah puasanya?

Sahur merupakan Sunnah Muakkad bagi seseorang yang sedang berpuasa, dengan berpedoman dari hadist nabi yakni sebagai berikut :

“Bersahurlah karena dalam sahur terdapat berkah.” 

Larangan beliau dari meninggalkannya sebagaimana hadits Abu Sa’id yang berbunyi:

“Sahur adalah makanan berkah, maka jangan kalian tinggalkan walaupun salah seorang dari kalian hanya meneguk seteguk air, karena Allah dan para malaikat bersalawat atas orang-orang yang bersahur.”


Oleh karena itu, al-Hafidz Ibnu Hajar dalam Fath al-Bary (3/139) menukilkan ijmak atas Joe Staley Youth Jersey kesunahannya.

Dengan demikian jelaslah orang yang tidak sahur baik untuk puasa wajib romadhan ataupun puasa-puasa sunnah tidak membuat tidak sahnya puasa. Hanya saja kehilangan keutamaan dan keberkahan makan sahur.



Selanjutnya kita akan menjawab pertanyaan kedua, yakni apakah sah puasanya orang yang lupa membaca Niat sahur?

Sebelumnya yang harus diperjelas ialah, tak mengapa saat sahur seseorang lupa membaca niat sahur tersebut, hal ini dikarenakan pada saat malam hari yakni tepatnya sedang menunaikan sholat tarawih seseorang telah berniat puasa pada saat itu.

Namun jika orang tersebut tidak menunaikan sholat Tarawih dan juga lupa berniat pada saat makan sahur, maka penjelasannya adalah sebagai berikut :

Orang tersebut berpuasa wajib seperti Romadhan. Orang yang berpuasa romadhan tanpa berniat di malam harinya dan tidak makan sahur maka puasanya tidak sah berdasarkan sabda Rasulullah :

“Barangsiapa yang tidak berniat puasa sebelum fajar, maka tiada baginya puasa itu.”

Kewajiban berniat puasa pada malam hari khusus untuk puasa wajib saja.



Sumber:
http://klikuk.com/puasa-tidak-sahur-dan-tidak-niat-sahkah-puasanya/
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

OFFICIAL WEBSITE TUH