Thursday, July 26, 2018

Gerhana Bulan Total 28 Juli 2018 Dihiasi Hujan Meteor Dan Penampakan Planet Mars

Gerhana Bulan Total

Pada tanggal 28 Juli 2018, kita akan melihat suatu fenomena yang jarang terjadi, yakni Gerhana Bulan Total. Namun tak sampai disitu, fenomena gerhana bulan ini menjadi istimewa lagi karena Gerhana Bulan Total pada kali ini akan menjadi Gerhana Bulan Total Terlama pada abad ini.
Melansir pernyataan dari Peneliti Pusat Sains Antariksa LAPAN Rhorom Priyatikanto, gerhana bulan total kali ini akan berdurasi 1 jam 43 menit.
Keadaan Bulan dan Bumi yang berada di titik terjauh ini juga mempengaruhi pergerakan Bulan yang berjalan makin lambat di orbitnya. Hal ini membuat gerhana bulan total kali ini akan jadi gerhana bulan total dengan ukuran bulan terkecil dan durasi terlama di tahun 2018. Soal durasi, tak cuma terlama di 2018, gerhana bulan total ini akan jadi gerhana bulan total berdurasi paling lama di abad ke 21.

Melansir Space.com yang mengutip buku "The Five Millennium Canon of Lunar Eclipses: (-1999to +3000)", kita akan menemui gerhana bulan total dengan durasi selama ini pada 9 Juni 2123 mendatang.
Gerhana Bulan Total 28 Juli 2018 Dihiasi Hujan Meteor Dan Penampakan Planet Mars

Gerhana Bulan Total ini akan terjadi pada malam hari tepatnya pada pukul 03.23 WIB, Hal ini wajar karena memang kondisi Bulan sedang di titik paling jauh dari Bumi. Jarak Bulan dan Bumi yang menyebabkan terjadinya gerhana bulan total Micro Blood Moon ini sejauh 406.223 kilometer.

Nah yang membuat Gerhana Bulan Total kali ini berbeda ialah, pada Gerhana Bulan Total kali ini, Langit akan dihiasi Hujan Meteor dan Juga Penampakan Planet Mars. Tentu hal ini akan membuat langit menjadi lebih indah.

Hujan Meteor Saat Gerhana Bulan Total 28 Juli 2018

Saat Gerhana Bulan Total tersebut terjadi, maka tak cuma itu keindahan yang kita dapat, ternyata langit juga akan dihiasi hujan meteor yang akan menambah keindahan langit pada malam hari. Peneliti Pusat Sains Antariksa LAPAN Rhorom Priyatikanto mengatakan bahwa hujan meteor ini biasanya aktif antara 17 Juli hingga 24 Agustus, dan akan memuncak pada malam 12 Agustus hingga dini hari 13 Agustus.

Sebenarnya di saat bulan purnama, hujan meteor akan sulit terlihat. Namun sebaliknya ketika gerhana bulan total terjadi, hujan meteor akan mudah terlihat. Jadi bersiaplah untuk hal yang menakjubkan pada saat gerhana bulan total terjadi.

Penampakan Planet Mars Saat Gerhana Bulan Total 28 Juli 2018

Di gerhana bulan total kali ini, Planet Mars akan nampak bersamaan dengan bulan. Hal ini terjadi karena pada gerhana bulan total kali ini, Planet Mars akan berada di titik oposisi yang berseberangan dengan matahari dari perspektif Bumi. Jadi, gerhana bulan total ini akan memiliki konfigurasi Matahari-Bumi-Bulan yang berada dalam satu garis lurus di bidang tata surya.

Selain itu, Planet Mars juga berada di titik yang cukup dekat pada Bumi. Di peristiwa gerhana bulan total nanti, Mars belum berada pada titik terdekat, namun puncak titik terdekatnya Mars terjadi pada 31 Juli 2018. Hal ini akan menjadikan gerhana bulan total nanti akan juga dihiasi Mars yang lebih terang dan lebih mudah dilihat di langit malam.

Sebelumnya, fenomena di mana gerhana bulan total bersanding dengan Mars yang berada di oposisi matahari terjadi pada 6 Agustus 1971, atau 47 tahun yang lalu.

Sumber : https://www.liputan6.com/tekno/read/3600958/gerhana-bulan-total-28-juli-2018-gerhana-bulan-dengan-durasi-terlama-abad-ini
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

OFFICIAL WEBSITE TUH