Monday, July 23, 2018

Pahlawan Bangsa Indonesia Yang Paling Menginspirasi

Pahlawan Paling Menginspirasi

Bulan Agustus menjadi bulan yang paling penting dalam sejarah bangsa Indonesia. Tepatnya pada tanggal 17 Agustus, semua rakyat di negeri ini memperingati Hari Kemerdekaan Bangsa Indonesia. Kemerdekaan dari tangan para penjajah, Belanda dan Jepang ini sendiri tak lepas dari perjuangan para pahlawan bangsa. Cerita kepahlawanan mereka pun masih dikenang hingga saat ini.
Berikut 10 pahlawan nasional yang paling menginspirasi bangsa Indonesia:


10. Bung Tomo

(Source by sidomi.com)

Siapa yang tidak kenal dengan Bung Tomo? Sosok Pahlawan Nasional ini selalu di identikkan dengan Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November. Perjuang sekaligus tokoh jurnalis asal Surabaya itu berhasil mengobarkan semangat juang rakyat indonesia dengan semboyan "Merdeka atau mati" dalam pertempuran besar melawan pasukan penjajah di Surabaya pada tanggal 10 November 1945. Peristiwa itu dikenang sebagai Hari Pahlawan.

9. Bung Hatta

(Source image by m.detik.com)

Tokoh nasional yang lebih dikenal dengan sapaan Bung Hatta ini merupakan salah seorang Proklamator. sejak muda, pria kelahiran Bukittinggi, 12 Agustus 1902 dan lulusan Belanda ini sudah dikenal sebagai aktivis dan organisatoris, hingga jadi seorang negarawan yang sering mendampingi Soekarno dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. setelah merdeka, dia pun diangkat sebagai Wakil Presiden Indonesia, bersama dengan Soekarno sebagai Presiden.

8. Tuanku Imam Bonjol

(Source image by m.lasdipo.com)

Perlawanan heroik ditunjukkan oleh Tuanku Imam Bonjol dalam Perang Padri di Sumatera Barat. Selama lima tahun, dia bersama pasukannya berhasil membuat penjajah kesulitan menghadapi Kaum Padri, hingga pada tahun 1838 Belanda akhirnya mampu menangkapnya melalui tipu muslihat. Dahsyatnya pertempuran ini diabadikan dalam bentuk museum dan monumen Imam Bonjol yang berlokasi di Bonjol, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat.

7. Pattimura

(Source image by kaskus.co.id)

Pattimura merupakan panglima perang dalam perjuangan rakyat Maluku melawan VOC Belanda. Di bawah komando Pattimura, sejumlah kerajaan nusantara seperti Ternate dan Tidore bersatu menghadapi penjajah pada tahun 1817. Namun, pria yang bernama asli Thomas Matulessy ini tertangkap dan digantung di Ambon pada tanggal 16 Desember 1817. Kini namanya pun dikenang sebagai Pahlawan Nasional, dan dijadikan nama jalan, stadion dan universitas.

6. Cut Nyak Dhien

(Source Image by bombastis.com)

Cut Nyak Dhien merupakan salah seorang pahlawan nasional perempuan dari Aceh. Dia ikut memimpin perlawanan rakyat terhadap Belanda pada masa Perang Aceh, sejak menikah dengan Teuku Umar di tahun 1880. Namun, pada tahun 1899, Teuku Umar pun gugur di tangan Belanda, sehingga Cut Nyak Dhien harus berjuang sendiri memimpin pasukannya, hingga kemudian dia ditangkap pasukan Belanda di Meulaboh, Aceh pada tahun 1901.

5. Ki Hajar Dewantara

(Source Image by himaindonesia.com)

Nama Ki Hajar Dewantara identik dengan dunia Pendidikan Indonesia. Bahkan, hari kelahiran pria asal Yogyakarta yang memiliki nama asli Raden Mas Soewardi Soerjaningrat ini pada tanggal 2 Mei pun diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional. Kiprahnya dalam dunia pendidikan adalah sebagai pendiri Perguruan Taman Siswa yang diperuntukkan untuk para penduduk pribumi pada zaman penjahan Belanda yang tidak bisa mendapatkan pendidikan.

4. Pangeran Diponegoro

(Source Image by bangka.tribunnews.com)

Pahlawan nasional ini dikenal karena memimpin Perang Diponegoro di Jawa pada kurun waktu 1825-1830, yang tercatat sebagai perang dengan korban paling banyak dalam sejarah Indonesia. Selama lima tahun, perang terbuka terjadi di sejumlah daerah utam di hampir seluruh Pulau Jawa. Belanda pun sempat kesulitan menaklukkan Pangeran Diponegoro, dimana ribuan serdadu mereka menjadi korban dan menyebabkan kerugian 20 juta gulden.

3. R.A Kartini

(Source by kaltim.tribunnews.com)

Salah seorang pahlawan nasional perempuan ini telah menghabiskan sebagian hidupnya untuk memperjuangkan kesetaraan hak kaumnya. RA Kartini memang merupakan seorang perempuan ningrat yang memiliki pemikiran moderat. Dia pun mendirikan sekolah khusus untuk kaum perempuan bernama Sekolah Kartini di Semarang pada tahun 1912. Untuk mengenang perjuangannya, tanggal lahirnya pada 21 April diperingati sebagai Hari Kartini.

2. Jendral Soedirman

(Source by bumantaranews.com)

Diangkat sebagai Panglima Besar TKR (kini TNI) pada tanggal 18 Desember 1948 dengan pangkat jenderal, Soedirman pun langsung menghadapi Agresi Militer II oleh Belanda ke Yogyakarta sehari kemudian. Bersama dengan pasukan kecil dan dokter pribadi, dia memulai perlawanan gerilya selama tujuh bulan. Dia juga mengomandoi kegiatan militer di Jawa, termasuk Serangan Umum 1 Maret 1949 di Yogyakarta dipimpin Letnan Kolonel Soeharto.

1. Ir.Soekarno

(Source Image by nugrahahendra.blogspot.com)

Inilah pahlawan nasional yang paling menginspirasi bangsa Indonesia. Selain sebagai tokoh proklamator dan Presiden Indonesia yang pertama, Soekarno juga dikenal sebagai pencetus dasar Negara Pancasila. Tidak hanya saja, dia juga adalah seorang orator yang handal dan politikus cerdas yang menguasai delapan bahasa. Tokoh bangsa yang dikenal dengan sapaan Bung Karno ini selalu bisa menggetarkan hati para pendengarnya saat berpidato.


Referensi sumber
• Tentik.com
• Nasional.sindonews.com
• Scribd.com
• Viva.co.id
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

OFFICIAL WEBSITE TUH